Jumat, 14 Agustus 2009

Posted by PRAMUKA SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO IX |

Ambalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Mustika Eka Sapta didirikan oleh almarhum Kak M. Ikhsan S.pd selaku andalan Pramuka tingkat Cabang dan Kak Muryono. Ambalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Mustika Eka Sapta yang bernaung di Gugus Depan Kendal 05-073 dan 05- 074 diresmikan pada tanggal 13 Agustus 1993 bertempat di SMA 1 Cepiring dengan Kamabigus almarhum Kak Sadir (selaku Kepala Sekolah ) dan Pembina Gugus Depan Kak Muryono di bantu Pembina Satuan Kak Hery Mustofa.
Pada tanggal 30 Agustus 1993 diresmikannya gambar Badge Ambalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Mustika Eka Sapta sebagai badge resmi yang merupakan karya Kak Hery. Pada tanggal 14 Agustus 1999 Ambalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Mustika Eka Sapta bergabung menjadi satu yaitu Ambalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
Arti kiasan warna badge Amabalan :
1. Segilima sebagai dasar bedge ambalan adalah bahwa Gerakan Pramuka berdasarkan asas tunggal yaitu Pancasila.
2. Kendil dengan warna dasar kuning dan putih yang berarti bahwa ambalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX bertempat di Kabupaten Kendal yang didasri dengan hati yang putih, bersih dan suci dalam rangka meningkatkan kejayaan dan kesejahteraan di kabupaten Kendal.
3. Bintang dan warna dasar biru bahwa Pramuka selelu menjunjung tinggi nilai-nilai agama da ketuhan yang di dasari semangat perdamaian.
4. Sepuluh kobaran api yang berarti semangat dalam melaksanakan Dasa Dharma Pramuka.
5. Dua tunas kelapa yang menandakan satuan terpisah dalam Ambalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
6. Pena Obor yang melambangkan bahwa Pramuka tidak mengenal lelah dalam menuntut ilmu yang merupakan cahaya dalam mencapai tujuan yang di harapkan.
7. Rantai yang melambangkan dalam mencapai tujuan dibutuhkan persatuan dan kesatuan .

2 komentar:

  1. kapan ya blog ini bisa di ambil alih sama temen-temen dewan kerja ambalan tahun ini?

    BalasHapus